Cegah Korupsi : Inspektorat Daerah Banyuasin Sosialisasikan PP 12/2017

Pangkalan Balai – Rabu 6 Desember 2017 bertempat di aula Inspektorat Daerah Kabupaten Banyuasin dilakukan sosialisasi pencegahan korupsi dengan materi antara lain peraturan pemerintah (PP) nomor 12 Tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, sosialisasi saber pungli, sosialisasi Unit Pengendali Gratifikasi dan Pencegahan Korupsi yang disampaikan oleh Subhan Suryansah Sekretaris Inspektorat Daerah Banyuasin. Sosialisasi Anti Korupsi dan Unit Pengendali Gratifikasi yang disampaikan oleh LA Kamis Kajari Banyuasin sertat Sosialisasi Saber Pungli yang disampaikan oleh Iptu Jamil Kanit Pidkor Polres Banyuasin.

Dalam paparannya, inti dari pengawasan bukanlah semata melakukan pembinaan pada tahap awalnya, namun lebih dari itu dalam pengawasan ini harus ada integritas seluruh sumber daya pengawasan yang ada dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pengawasan juga harus diterjemahkan bersama melalui koordinasi setiap teknis pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah yakni aparat pengawas internal pemerintah (APIP) agar menjadi jelas dalam menentukan apakah pengaduan masyarakat berindikasi administrasi atau pidana.

Kemudian lanjutnya APIP juga harus mampu mencegah terjadinya pungutan liar di instansi masing-masing serta APIP juga harus benar-benar mampu berfungsi sebagai early warning system (Sistem Peringatan Dini) dan berorientasi kepada pencegahan, tidak sebagai watchdog seperti terdahulu dan diharapkan mampu berperan sebagai konsultan dan katalis.

APIP juga dituntut untuk dapat saling berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam penanganan pengaduan masyarakat, mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga juga harus mampu merancang kegiatan pengawasan dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*